BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
![]() |
Warna |
Dalam pelajaran di Sekolah Pengertian Warna dapat diartikan sebagai adalah sebuah spektrum tertentu yang terdapat di dalam cahaya yang sempurna / putih. Dalam dunia disain, Warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.
1.2 Topik yang Di bahas
1. Warna primer
2. Warna sekunder
3. Warna tersier
4. Penggunaan warna
5. Psikologi warna
1.3 Rumusan masalah
1. Mengetahui bentuk-bentuk warna?
2. Penggunaan warna?
3. Apa saja arti dari warna tersebut?
II. PEMBAHASAN
1) Warna primer
Warna primer disebut juga warna pertama atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain. Disebut warna pokok karena warna tersebut dapat digunakan sebagai bahan pokok percampuran untuk memperoleh warna-warna yang lain. Nama-nama warna primer tersebut adalah :
- Biru, nama warna sebenarnya adalah cyan, yaitu biru semu hijau
- Merah, nama sebenarnya adalah magenta, yaitu merah semu ungu.
- Kuning. Dalam dunia percetakan, warna pokok bahan adalah cyan, magenta, kuning
- atau sering disingkat CMY.
2) Warna sekunder
Warna sekunder atau disebut warna kedua adalah warna hasil percampuran dua warna primer
- Jingga/oranye, merupakan warna hasil percampuran antara warna merah dan kuning
- Ungu/violet, merupakan hasil percampuran warna merah dan biru
- Hijau, adalah hasil pencampuran warna kuning dan biru
3) Warna tersier
Warna tersier adalah warna ketiga, yaitu warna hasil percampuran dari dua warna sekunder atau warna kedua. Nama-nama warna tersier, yaitu:
- Coklat Kuning (disebut juga Siena Mentah, Kuning Tersier, Yellow Ochre, atau Olive), yaitu percampuran warna jingga dan hijau.
- Coklat Merah (disebut juga Siene Bakar, Merah Tersier, Burnt Siena, atau Red Brown), yaitu percampuran warna jingga dan ungu.
- Coklat biru (disebut juga Siena Sepia, Biru Tersier, Zaitun, atau Navy Blue), yaitu percampuran warna hijau dan ungu
2. Penggunaan warna
Warna
Beberapa hal yang yang harus berkaitan dengan penggunaan warna :
a. Kombinasi warna yaitu cara menyusun atau memadukan dua warna atau lebih komposisi.
1. Kombinasi warna yang harmonis yaitu kombinasi antara warna-warna yang serumpun, yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna. Misalnya hijau tua dengan hijau muda. Kombinasi ini pun dinamakan sebagai monogramatik karena terjadi pada warna yang sama tetapi dengan intensitas yang berbeda. Warna monogram dapat diperoleh dengan menambahkan hitam atau putih secara teratur.
2. Kombinasi warna yang kontras yaitu kombinasi antara warna-warna yang berlawanan letaknya dalam lingkaran warna. Misalnya perpaduan antara warna hijau dan warna merah, perpaduan warna kuning dan warna ungu, perpaduan warna biru dan jingga. Kombinasi kontras juga terjadi dengan memadukan warna terang dan gelap.
3. Kombinasi warna juga dapat terjadi pada warna-warna analog, yakni dua sampai tiga corak warna yang berdekatan letaknya dalam lingkaran warna. Misalnya warna biru-ungu-merah, biru-hijau-kuning, merah-jingga-kuning.
b. Warna netral, yakni putih, hitam, dan abu-abu yang secara teoritis tidak dimasukkan ke dalam warna.
c. Penggunaan warna, yakni untuk tujuan apakah warna tersebut digunakan dalam sebuah seni.
1. Cara heraldis adalah penggunaan warna untuk keperluan perlambangan. Contohnya warna merah untuk menyatakan keberanian, kegembiraan, dan gairah yang membaca, putih melambangkan kesucian dan kesetiaan, hijau untuk melembangkan pertumbuhan dan kesejukan.
2. Cara murni adalah penggunaan warna secara bebas. Misalnya seekor kuda dilukis dengan menggunakan warna ungu dan hijau, pohon-pohon berwarna biru atau ungu. Cara ini banyak digunakan sebagai unsur keindahan.
3. Cara naturalis adalah penggunaan warna sesuai dengan keadaan aslinya yang terdapat pada alam. Misalnya warna daun adalah hijau, warna laut adalah biru, tanah adalah coklat, dan sebagainya.
Selain kombinasi dan penggunaan warna di atas, diperlukan juga pengetahuan tentang pengetahuan efek ruang atau efek terang dan gelap dalam warna. Warna-warna gelap biasanya dilakukan dengan menambahkan hitam secara beraturan pada warna, sedangkan efek pucat diperoleh dengan menambahkan secara beraturan putih ke dalam warna
3. Psikologi Warna
Alam di sekitar kita menyajikan warna-warni yang sangat kaya, lebih kaya dari sekedar warna pelagi mejikuhibiniu. Psikologi warna mempelajari dan mengidentifikasi persepsi manusia terhadap warna-warni benda yang ada di alam. Suasana hati seseorang bisa pula terpengaruh dengan adanya warna yang tertangkap indera penglihatan. Untuk itu, biarkan warna bicara apa adanya.
Konon warna memiliki korelasi dengan karakter seseorang. Sehingga sebuah institusi bisnis biasanya mempunyai corporate color, sebuah negara juga memiliki color of nation yang umumnya tercermin pada bendera nasional mereka. Demikian pula partai-partai politik menggunakan simbol-simbol warna untuk menunjukkan identifikasi dan eksistensi di benak para pengikutnya.
Warna-warni Crayon yang sangat kaya
Orang menyebut dengan istilah psikologi warna untuk meng-artikulasi persepsi manusia terhadap warna yang terlihat oleh mata. Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya. Demikian pula warna-warna alam yang ada di sekeliling kita, seakan mampu berbicara dan mempengaruhi suasana hati seseorang.
Darwis Triadi, seorang fotografer terkenal di negeri ini di dalam bukunya “Color Vision” mengungkapkan bahwa: “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.”
Arti Warna Merah Merah adalah warna api, mentari pagi, dan warna darah. Memberi kesan kehangatan, bahagia, keberanian, semangat, kekuatan, kegairahan, tanda peringatan (berhenti untuk traffic light) | |
Arti Warna Pink Pink adalah warna yang melambangkan cinta, romantisme dan eksentrik. Warna pink sering dipersepsi warna wanita atau feminim. | |
Arti Warna Orange (Kombinasi merah dengan kuning) Orange melambangkan keceriaan, kehangatan, persahabatan, optimisme. Warna ini memiliki daya tarik yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata. | |
Arti Warna Biru Biru adalah warna langit dan laut. Memberi kesan luas pada ruangan, kesejukan, dingin damai, dan menenangkan fikiran. | |
Arti Warna Kuning Kuning memberi kesan kegembiraan, terang, cerah, bersinar, ketegasan. Menstimulus pandangan mata seperti warna jingga. | |
Arti Warna Hijau Hijau merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk, bersifat menenangkan. | |
Arti Warna Ungu (Perpaduan warna merah dan biru) Ungu adalah warna bangsawan, aristokrat, kekuasaan, keagungan, keindahan dan kelembutan | |
Arti Warna Abu-abu Kesan yang ditimbulkan warna ini adalah ketenangan, keteduhan, elegan. Warna abu-abu mudah dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain, karena tidak bersifat kontras. | |
Arti Warna Hitam Hitam mengandung kesan misteri, kegelapan, independen, dramatis, juga berkesan sunyi. Hitam adalah warna tegas, solid, dan kuat. | |
Arti Warna Coklat Warna coklat menumbuhkan kesan tua, sederhana, kaya, dan hangat. | |
Arti Warna Krem Warna krem merepresentasikan kelembutan dan klasik. | |
Arti Warna Silver Warna ini menciptakan kesan glamour, mahal, dan kemilau sesuai dengan karakter silver atau perak. | |
Arti Warna Emas Warna emas memberi kesan kemakmuran, aktif, dan dinamis |
Konon warna-warna yang ada di alam, mampu memunculkan persepsi psikologis yang unik sebagai berikut:
Ada berjuta warna di dunia, rasanya mustahil kita memberi nama setiap warna yang ada. Jenis warna yang mudah dikenali dan sangat familier adalah warna pelangi: mejikuhibiniu. Atau benda-benda yang sudah identik dengan warna, misalnya pohon coklat, jeruk orange, logam perak, logam emas, kuning telur, kuning gading, lavender, lembayung, dan sebagainya.
Ada pula nama warna yang kurang familiar. Kemungkinan besar anda jarang mendengar warna seperti: teal, fushia, olive, lime, aqua, turquoise, begie, celadon, taupe, pirus dan lain-lain. Kecuali anda sedang berada di sebuah show room mobil, dan anda sedang membaca brosur pilihan warna cat mobil yang sering menggunakan nama warna yang kurang familier seperti ini.
Psikologi warna, bisa pula di terapkan pada screen wallpaper di perangkat komputer yang dipakai sehari-hari. Wallpaper bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan sesuai dengan suasana yang ingin di ciptakan. Kombinasi warna-warna tertentu pada gambar sebuah wallpaper bisa memberikan tambahan motivasi saat sedang bekerja. Di artikel lain, saya telah menulis tentang Wallpaper Sebagai Pengingat Visual.
III. PENUTUP
Warna merupakan unsur penting dan paling dominant dalam sebuah penciptaan karya desain. Melalui warna orang dapat menggambarkan suatu benda mencapai kesesuaian dengan kenyataan yang sebenarnya. Warna dapat dikelompokkan berdasarkan jenis warna, sifat warna, dan makna warna.
Pemaknaan warna dipengaruhi oleh aspek budaya setempat. Pemaknaan warna yang terkait dengan warna sebagai simbol, di masing-masing daerah atau wilayah, akan berbeda, sesuai dengan pemaknaannya dalam budaya setempat.
Hasil Kajian
Poster Iklan Layanan Masyarakat Bertemakan Kesehatan
“Tumbuh untuk masa depanmu”
Makan dan minum untuk kesehatan
Tags:
Teknologi Multimedia