A. Kerangka Teoritik dan Pengukuran Construct (Variabel)
Bagaimana variabel diukur ??
Berbagai obyek dapat diukur dengan mudah :
Misalnya :
· Berapa tinggi badan saudara?
· Berapa lama saudara telah bekerja?
· Apa jabatan saudara ?
· Berapa usia saudara ?
Jawaban pertanyaan diatas : memiliki alat pengukuran yang sesuai dan obyektif.
Bagaiman apabila pertanyaan :
· Bagaimana perasaan (feelings) anda setelah mengikuti kegiatan ini ?
· Bagaimana sikap (attitudes) mahasiswa gunadarma terhadap perubahan proses pembelajaran?
· Bagaimana persepsi (perceptions) mahasiswa terhadap pengajarnya?
Pertanyaan diatas sukar untuk dijawab dan diukur karena bersifat abstrak.
Salah satu cara yang dilakukan adalah mengurangi karakteristik yang abstrak dari konsep-konsep seperti motivasi, keterlibatan (involvement), kepuasan (Satisfactions), perilaku konsumen (consumer behavior) dll.
Misalnya :
Konsep kecenderungan perilaku konsumen dalam pembelian bersifat abstrak. Tetapi kita dapat menduga kecenderungan perilaku tersebut dari apa yang akan dilakukan konsumen.
Misalnya :
· Apakah konsumen tersebut mengatakan hal-hal positif mengenai produk atau merk kepada orang lain ?
· Apakah konsumen merekomendasikan produk/merk tersebut kepada orang yang meminta pendapatnya?
· Apakah mendorong teman-temannya atau kenalannya untuk membeli produk tersebut?
· Apakah akan tetap memilih produk tersebut apabila harganya dinaikkan?
Dengan demikian kita dapat mengukur kecenderungan pembelian konsumen melalui indikator-indikator tersebut walaupun contruct kecenderungan perilaku konsumen tersebut bersifat abstrak.
Tags:
METLIT